View unanswered posts | View active topics It is currently Thu Jul 24, 2014 1:23 pm



Reply to topic  [ 12 posts ] 
 Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal 
Author Message
Sho-i
Sho-i
User avatar

Joined: Tue Oct 30, 2007 12:41 pm
Posts: 3836
Location: xxx
Has thanked: 37 times
Have thanks: 41 times
Games played:
Time playing:
Post Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
Tidak sembarang bantal dapat dipakai untuk alas kepala ketika tidur. bahan bantal akan mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan. dr Indra Tjahjono SpRM mengatakan ” sebaiknya bahan bantal fleksibel, mengikuti otot leher dan tulang belakang”.

Tidur memakai bantal bertujuan untuk mengistirahatkan otot-otot leher maupun tulang belakang. Hal yang perlu diperhatikan ketika tidur adalah : Simetris dan ergonomis..

Image


Simetris berarti otot leher kanan dan kiri seimbang, sedangkan ergonomis berarti mencapai keseimbangan fungsi otot. Itu sebabnya dr Indra T SpRM, spesialis rehabilitasi RS Husada Utama Surabaya, sangat tidak menyarankan tidur tanpa menggunakan bantal. Posisi itu akan membuat kepala mendongak dan mengakibatkan saraf terjepit. Terkadang karena sudah terlanjur lelah saat mengerjakan tugas atau yang lain, tanpa sadar kita menjadikan buku / tangan sebagai sandaran kepala alias “bantal”, hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan. Bila berkepanjangan, lubang tempat akar-akar saraf keluar ( foramen intervertebral ) bisa mengecil. Dampaknya.. leher terasa sakit, tengeng, ataupun kesemutan.

Image
tidur yg sgt salah

Salah satu bahan bantal yang baik adalah terbuat dari dacron / latex karena bahan tersebut dapat mengikuti dan menahan otot leher. Sangat tidak disarankan untuk memakai bantal yang kempis , meskipun bantal tsb harganya lebih mahal dari dacron karena bantal kempis membuat otot leher dan tulang belakang tidak simetris. begitu juga dengan bantal yang terlalu keras tidak baik untuk otot leher.

Image
bantal berbahan dacron

Bilamana kita hendak bepergian jauh dengan kendaraan, gunakanlah headrest berbentuk tapal kuda. selain praktis, bantal tersebut juga aman dan nyaman untuk kesehatan kita..

Image
headrest tapal kuda


nih ada tanya jawab dgn seorang dktr.
Spoiler: Tidur tanpa bantal, leher nyeri show
PERTANYAAN:
UMUR saya 50 tahun. Dua bulan ini, saya merasakan keluhan nyeri di belakang leher setelah bangun tidur. Bila digerakkan, rasanya tambah sakit. Kadang-kadang, ada beberapa hari sakit tersebut sama sekali tidak terasa. Tapi, setelah itu muncul lagi. Saya sering tidur sampai larut malam dan lebih sering tidak pakai bantal saat tidur. Apakah itu berpengaruh terhadap nyeri yang saya rasakan ini. Apa nama sakit saya ini ya? Terima kasih atas jawabannya.

Sutrisno

JAWAB:
Bapak Sutrisno, kepala dan leher merupakan salah satu organ tubuh yang bebas bergerak ke segala arah. Hal itu memungkinkan kepala dan leher mendapatkan cedera lebih besar. Leher terdiri atas bagian jaringan yang lunak dan yang padat. Jaringan padat pada leher adalah tulang. Tulang leher terdiri atas tujuh buah yang saling berikatan seperti rantai. Tulang leher pertama adalah tulang atlas yang berhubungan langsung dengan tulang tengkorak.
Gerakan sendi ini menggerakkan kepala ke dada dan kebalikannya. Sedangkan antara tulang leher kedua melakukan gerakan memutar kepala 50 persen ke kanan dan ke kiri.
Bila dilihat dari samping, tulang leher tidaklah lurus seperti sebatang kayu, tetapi ada sudut kelengkungan 30 derajat. Sedangkan jaringan lunak terdiri atas otot, saraf, dan pembuluh darah. Ada 30 otot pada leher. Otot-otot ini saling bekerja sama dalam hal gerakan kepala. Pada kepala posisi tegak atau posisi anatomi, kerja dari otot-otot leher itu sangat minimal. Bila posisi tertentu (misalnya miring), akan timbul kontraksi salah satu otot leher yang berlebihan. Jika ini terjadi lama, hal tersebut akan menimbulkan keradangan otot itu yang akhirnya mengakibatkan kaku otot atau spasme otot.
Nyeri leher (cervicalgia) merupakan nyeri yang sering terjadi. Sebagian besar (sekitar 85 persen) nyeri ini disebabkan oleh spasme otot-otot leher. Dua bulan mengalami nyeri leher merupakan waktu yang cukup lama. Kalau membaca keterangan yang Ibu tulis, kemungkinan cervicalgia disebabkan spasme otot-otot leher. Tetapi, guna memastikan lebih lanjut, perlu pemeriksaan fisik dan X-Ray untuk membantu menegakkan diagnosis penyakit Ibu.
Untuk penanganan awal, coba Ibu lakukan perbaikan kebiasaan waktu tidur terlebih dahulu. Selain itu, dalam hal tidur, Ibu harus memperhatikan tempat tidur dan bantal yang Ibu gunakan. Sebab, tulang belakang kita tidak lurus, tetapi dari kepala ke leher berbentuk cekung, mendekati punggung atas menjadi cembung, ke punggung bawah menjadi cekung, dan akhirnya cembung kembali di tulang panggul.
Tempat tidur tidak boleh terlalu keras atau terlalu lembek. Sebab, hal itu akan memengaruhi postur tulang belakang dan posisi otot-otot punggung tidak seimbang antara sebelah kiri dan kanan. Hal ini akan juga menimbulkan rasa nyeri punggung saat bangun tidur. Ketebalan bantal harus sesuai dengan jarak antara bahu dan leher di mana sudut leher-bahu adalah 90 derajat. Bila bantal terlalu tebal, tipis, bahkan tanpa bantal, akan terjadi imbalance cervical muscles (ketidakseimbangan) otot-otot leher serta menyempitnya foramen intervertebralis yang mengakibatkan terjepitnya akar saraf tepi. Hal ini menimbulkan rasa nyeri di leher, bahkan sampai ke jari-jari tangan. Untuk itu, Ibu perlu mencoba memilih bantal yang cocok. Setelah bangun tidur, lakukan latihan luas gerak sendi (menggerakkan kepala ke segala arah dengan pelan-pelan). Setelah itu, lakukan peregangan otot-otot leher. Bila belum membaik, Ibu perlu ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Mudah-mudahan lekas membaik.


Sudah kah kita tidur dengan bantal yang benar..? :)

_________________
>>>laporan keuangan akihabara 2009

klo mw ngepost, postlah yg berkualitas, atau paling tidak yg bermanfaat

Image

Spoiler: show
Image


Spoiler: show
Image


Fri Dec 18, 2009 1:01 am
Profile
Moderator In-Training
Moderator In-Training
User avatar

Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Posts: 5474
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Has thanked: 42 times
Have thanks: 33 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
Pertamax...!
wew... keren banget gan infonya... mengingat gw juga kadang2 jarang tidur pake bantal... ternyata bahaya juga yah? ^_^

_________________
Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image


Fri Dec 18, 2009 6:17 am
Profile E-mail WWW
Otaku Master
Otaku Master
User avatar

Joined: Wed May 09, 2007 3:49 pm
Posts: 2052
Location: In your Scariest Nightmare
Has thanked: 2 times
Have thanks: 2 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
bener tuh bahaya tidur ga pake bantal...
klo mo lebih sehat lagi seh pake dakimakura...
dijamin tidur akan lebih nyenyak...en mimpi bas...eh indah...
:twisted:

_________________
fafafafa:p
----


Fri Dec 18, 2009 10:43 am
Profile E-mail YIM WWW
Heicho
Heicho
User avatar

Joined: Sat Nov 24, 2007 12:58 pm
Posts: 1840
Location: Galaksi Nimbus, Planet Astropus
Has thanked: 1 time
Have thanks: 1 time
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
kalo bantalnya bagus si ga masalah,, lah ini kalo bantalnya isinya kapuk, tapi keras banget jadinya, mending wa gak usah pake bantal deh, daripada leher lebih nyeri


denger2 yang enak tu bantal latex yah? :roll:

atau bantal kayak gini? :P

Spoiler: show
Image
Image


:sexy:

_________________
:lol: IN ODA WE TRUST :lol:


Sat Dec 19, 2009 8:43 pm
Profile YIM
Moderator In-Training
Moderator In-Training
User avatar

Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Posts: 5474
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Has thanked: 42 times
Have thanks: 33 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
@Hula:
MAU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :love: :love:
:nwc: :nwc:
berapa harganya???? ^_^

_________________
Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image


Sat Dec 19, 2009 8:54 pm
Profile E-mail WWW
Member Super Aktif Animac
Member Super Aktif Animac
User avatar

Joined: Sun Nov 18, 2007 12:10 am
Posts: 444
Location: The Garden of Sinners
Has thanked: 1 time
Have thanks: 0 time
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
:hee: :hee: :hee: swt, emang bs tidur pake bantal begituan ?

bisa2 begadang smaleman gara2 raba2 bantal... :P :P :P

_________________
Blank Page


Fri Dec 25, 2009 4:08 am
Profile E-mail YIM
Member GILA
Member GILA
User avatar

Joined: Thu Jan 25, 2007 9:36 am
Posts: 1136
Location: Jakarta Selatan
Has thanked: 26 times
Have thanks: 31 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
haduh tiap hari ku tidur tanpa bantal..

karena gw ga bisa tidur tanpa guling (bantalnya jadiin guling)

:hot:

_________________
(¯`v´¯) daisuki dakara..
`*.¸.*´ ?
¸.•´¸.•*¨) ¸.•*¨)?
(¸.•´ (¸.•´ .•´ ¸¸.•¨¯`•.


Fri Jan 15, 2010 11:29 am
Profile E-mail YIM WWW
Nitohei
Nitohei
User avatar

Joined: Thu Oct 11, 2007 6:37 am
Posts: 1435
Location: kyoto junction
Has thanked: 0 time
Have thanks: 0 time
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
tidur aja repot, gmn ngerjain akun...ckck


Sun Jan 17, 2010 2:45 pm
Profile YIM
Member Super Aktif Animac
Member Super Aktif Animac
User avatar

Joined: Sun Nov 18, 2007 12:10 am
Posts: 444
Location: The Garden of Sinners
Has thanked: 1 time
Have thanks: 0 time
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
gampang, nyalain kompi, copy paste kunci, trus buku akun yg tebel itu lu pake bantal...

_________________
Blank Page


Wed Feb 03, 2010 9:44 pm
Profile E-mail YIM
Gocho
Gocho
User avatar

Joined: Mon Apr 27, 2009 9:13 pm
Posts: 2049
Has thanked: 22 times
Have thanks: 16 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
beuh si zork ngajarin cara yang efektif tuh (buat tidur).. :lol:

setuju sama soul, pake guling juga mantab!!

_________________
"Salah siapa?? Salah guwe? Salah Teman-teman guwe"

==================================================================

Image


Thu Feb 04, 2010 5:14 pm
Profile YIM WWW
The Animac Guardian
User avatar

Joined: Tue Feb 13, 2007 7:40 pm
Posts: 5234
Location: J-Town
Has thanked: 44 times
Have thanks: 16 times
Highscores: 6
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
gw pernah baca,,,
klo orang jaman dulu tuh pas bangun tidur langsung seger karena bantalnya keras,,,,

coba bandingin ma orang jaman sekarang yg klo bangun tidur pasti masih ngeliat2 di kasur bahkan kadang mpe ketiduran lagih,,,,,trus terlambat kerja ato sekolah deh,,,,

klo ane seh tidur pake 2 bantal tipis,,,,
satu yg empuk ditaro di bawah,,,,
satu lagi yg agak keras buat diatasnya,,,hehe
tidr nyaman,,,pas bangun langsung segar,,, :)

_________________
...


Thu Apr 22, 2010 9:23 am
Profile YIM
Gocho
Gocho
User avatar

Joined: Sat Oct 09, 2010 6:54 pm
Posts: 2055
Location: Ponani - VocaloCentris Server
Has thanked: 19 times
Have thanks: 18 times
Games played:
Time playing:
Post Re: Ternyata Tidur Harus Pakai Bantal
eYesCreaM wrote:
gw pernah baca,,,
klo orang jaman dulu tuh pas bangun tidur langsung seger karena bantalnya keras,,,,

coba bandingin ma orang jaman sekarang yg klo bangun tidur pasti masih ngeliat2 di kasur bahkan kadang mpe ketiduran lagih,,,,,trus terlambat kerja ato sekolah deh,,,,

klo ane seh tidur pake 2 bantal tipis,,,,
satu yg empuk ditaro di bawah,,,,
satu lagi yg agak keras buat diatasnya,,,hehe
tidr nyaman,,,pas bangun langsung segar,,, :)

kalo cuma buat seger2an, gw bangun langsung wudlu ya seger dehh.. :gar:
tapi untuk masalah bantal itu fardu ain buat gw, kalo gak ada susah banget tidurnya, kecuali terlungkup.. :|

_________________
Image
If you're not happy, link


Spoiler: My OSU! progress show
Image
di add ya.. :brushing:


Mon Oct 11, 2010 3:50 am
Profile YIM
Display posts from previous:  Sort by  
Reply to topic   [ 12 posts ] 

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum

Search for:
Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group.
Designed by STSoftware for PTF.
Powered by phpBB Social Network 0.5.2 Kamahl & Culprit © 2010, 2011