Forum ANIMAC saat ini sedang dalam proses pembaharuan.
Silakan lakukan aktivitas forum seperti biasanya.
Tampilan dan logo sementara masih default phpBB3.

[CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

[CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby myonlylovesakura » Sat Sep 18, 2010 11:02 pm

well, maksud dari thread ini sebenarnya untuk meresapi makna pertanyaan dari salah seorang sensei yang sudah lulus dari Animac.
dia menulis di statusnya kira-kira begini:
"Kita manusia berasal dari keturunan Adam dan Hawa. tentulah Adam dan Hawa punya bahasa yang ia ajarkan kepada keturunannya.
permasalahannya adalah, kenapa kita yang hidup di dunia ini ditakdirkan hidup dengan berbagai bahasa? padahal sebenarnya kita kan dahulunya satu, keturunan Adam dan Hawa? mengapa sekarang kita berbicara dengan bermacam bahasa? apa yang terjadi di perjalanan keturunan Adam dan Hawa sehingga kita diberikan bermacam bahasa? dan untuk apa kita diberikan bahasa yang berbeda?"

kemudian sensei tersebut bertanya kepada salah satu temannya yang beragama nasrani, dan jawaban paling masuk akal yang dapat diterimanya ialah "Teori Menara Babel"
menurut teman sensei tersebut, dahulu kala ada sebuah menara yang dibuat manusia untuk mencapai Tuhan. dibuatlah menara itu setinggi-tingginya hingga mencapai langit. namun oleh Tuhan menara tersebut dikenai petir dan diruntuhkan. seketika itu juga, manusia yang tadinya ada di dalamnya kebingungan dan berbahasa berbeda. mereka yang kebingungan itu lantas menyebar dan tinggal di tempat yang berbeda agar mereka tidak berselisih paham dengan yang lain.

jawaban paling masuk akal:
Phantom_Wing wrote:jadi emang awalnya cma ada Adam dan Hawa,, dan bahasa manusia itu bahasa arab...
namun kemudian seiring bertambahnya keturunan adam.. mrka pun trpncar d seluruh daratan dunia.. perbedaan lingkungan ini lah yg mnybabkan prbedaan bahasa.. cnth klo d eropa bilang pohon itu "ini" d afrika bilangnya "itu"
dan karena prbadaan lingkungan, trjadilah prbhan pada segi fisik..

tpi mrka ttp bisa bhasa arab.. jadi pada jaman nabi nuh.. ada bbrapa pasagan suami-istri yg beriman dan percaya pada kata2 nabi nuh, nah pasagan2 inilah yg kemudian selamat dari air bah dan tersebar d bbrapa benua.. katanya sih ada 5 pasangan.. yg d tmpatkan d benua2 yg berbeda..dan karena perbedaan jarak inilah terjadi perbedaan bahasa..


dengan kata lain, bahasa mulai ada sejak jaman nabi nuh... dan urutan kejadiannya seperti itu...
Last edited by myonlylovesakura on Tue Sep 21, 2010 10:34 am, edited 3 times in total.


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image

User avatar
Ovan
Member Super Duper Aktif Animac
Member Super Duper Aktif Animac
Posts: 949
Joined: Sat Oct 25, 2008 6:45 am
Location: Pondok Pucung, sebelum jombang
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby Ovan » Sat Sep 18, 2010 11:09 pm

Penjelasan yang paling masuk akal yang gw tau itu dari sudut pandang semiotika, bahasa itu sebenernya tanda. Mana yang duluan muncul? Gw gak terlalu ngerti secara mendalam karena bukan ahli filsafat bahasa, tapi intinya kita mengartikan suatu materi yang gak bernilai dengan sebuah makna tertentu (misal yang keras-keras itu = batu), terus mendefinisikannya. Nah itu awal adanya bahasa. Selama ada manusia, bahasa itu ya ada. Kenapa berbeda? Itu ada sejarah bahasanya juga, awal mulanya kan berbeda di lingkungan yang berbeda dan jaman purba itu kan belum ada komunikasi antar bangsa, jadi mereka terpisah-pisah antar wilayah dan gak bisa buat konvensi 1 bahasa. Well, masalah adam-hawa dimasukin dimana dalam teori ini, gw gak tau.

Nanti kalo bukunya udah ketemu gw tambahin lagi isinya, spontan aja ini jawabnya nanti dicari dulu bukunya

wew, PERTAMAX :hitrun:


Hokushin no Sora ni arite Zenchizennou wo Tsukasadoru Ou yo. Ima koso Seikai no Kamigami wo Tabane sono Ikou wo Shimese!! Shinkuro Shoukan! Tenchishinmei wo subeyo! Saikoushin Kyokushinseitei Oodin!

Spoiler: summon show
Image

User avatar
quanza
On Top
Posts: 1219
Joined: Sat Dec 06, 2008 1:30 am
Location: Toku no Sekai
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby quanza » Sat Sep 18, 2010 11:15 pm

kamfret cepet banget ovan :o :o


kalo menurut wa:

simpel, karena manusia itu 2: egois dan berbeda satu sama lain.

ambillah contoh bahasa indonesia. :)

umumnya faktor perbedaan lingkungan paling ngaruh. misal mandarin ke jepang ato inggis UK ke US.


tanpa adanya kontak satu sama lain, setelah beberapa waktu, salah satu stagnan, ada yang melakukan inovasi dalam bahasanya. karena itu sering bahasa yang lebih tua dianggap sebagai akar bahasa. perbedaan bahasa tertulis, interpretasi suara(misal contoh suara binatang -woof-kaing-guk-dsb)


tentu saja, yang saya terangkan mengambil contoh di benua asia-amerika
dan diatas masih belum bisa menjelaskan perbedaan bahasa di eropa daratan.


kalo ini mah ga masuk religius :mrgreen: :mrgreen:


I'm lost and utterly defeated. Still, I keep looking for you, just to be sure i still sane.
Image

User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby myonlylovesakura » Sat Sep 18, 2010 11:25 pm

quanza wrote:kamfret cepet banget ovan :o :o


kalo menurut wa:

simpel, karena manusia itu 2: egois dan berbeda satu sama lain.

ambillah contoh bahasa indonesia. :)

umumnya faktor perbedaan lingkungan paling ngaruh. misal mandarin ke jepang ato inggis UK ke US.


tanpa adanya kontak satu sama lain, setelah beberapa waktu, salah satu stagnan, ada yang melakukan inovasi dalam bahasanya. karena itu sering bahasa yang lebih tua dianggap sebagai akar bahasa. perbedaan bahasa tertulis, interpretasi suara(misal contoh suara binatang -woof-kaing-guk-dsb)


tentu saja, yang saya terangkan mengambil contoh di benua asia-amerika
dan diatas masih belum bisa menjelaskan perbedaan bahasa di eropa daratan.


kalo ini mah ga masuk religius :mrgreen: :mrgreen:

saya menitikberatkan kepada Adam dan Hawa.
kita kan dulunya keturunan yang sama, kenapa ketika sekarang kita berbahasa berbeda?

bahasa itu memang berevolusi dengan cepat,
tapi kenapa kita tidak bisa memperkirakan asal muasal bahasa dan alasan kenapa bisa berbeda?
saya belum bisa menemukan kesimpulan yang logis. saya mengerti bahwa keturunan nabi Adam tinggal terpisah, tapi mengapa terpisah? jika mereka merupakan keluarga, bukankah lebih baik untuk tinggal bersama? mengapa mereka berpisah dan memutuskan tinggal di tempat masing-masing dan mengembangkan cara komunikasi (bahasa) masing-masing?

sepertinya ada part yang hilang.
part dimana keturunan nabi Adam berpisah dan mulai mengembangkan bahasa masing-masing.
a coincidence?


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image

User avatar
Ovan
Member Super Duper Aktif Animac
Member Super Duper Aktif Animac
Posts: 949
Joined: Sat Oct 25, 2008 6:45 am
Location: Pondok Pucung, sebelum jombang
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby Ovan » Sat Sep 18, 2010 11:31 pm

mari ber "kokologi" kalau begitu :green:

ini salah satu link-nya
http://islam.dagdigdug.com/mengapa-manu ... beda-beda/

katanya sebenarnya Allah tidak menciptakan Adam saja, Adam cuma manusia pertama. Terus di komen yang waktu itu ada juga yang berpendapat Adam bukan manusia pertama secara harfiah, tapi makhluk yang diakui sebagai Manusia pertama kali. Well, kalau Adam sebagai bukan manusia pertama, tapi manusia berakal pertama, mungkin juga dia diciptakan di Surga terus dibawa ke bumi. Lagi-lagi tapi tidak konsisten.


Hokushin no Sora ni arite Zenchizennou wo Tsukasadoru Ou yo. Ima koso Seikai no Kamigami wo Tabane sono Ikou wo Shimese!! Shinkuro Shoukan! Tenchishinmei wo subeyo! Saikoushin Kyokushinseitei Oodin!

Spoiler: summon show
Image

User avatar
Evanthom
Member GILA
Member GILA
Posts: 1025
Joined: Wed Nov 11, 2009 5:55 pm

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby Evanthom » Sat Sep 18, 2010 11:34 pm

aku akan coba jawab dari segi religius...
jadi emang awalnya cma ada Adam dan Hawa,, dan bahasa manusia itu bahasa arab...
namun kemudian seiring bertambahnya keturunan adam.. mrka pun trpncar d seluruh daratan dunia.. perbedaan lingkungan ini lah yg mnybabkan prbedaan bahasa.. cnth klo d eropa bilang pohon itu "ini" d afrika bilangnya "itu"
dan karena prbadaan lingkungan, trjadilah prbhan pada segi fisik..

tpi mrka ttp bisa bhasa arab.. jadi pada jaman nabi nuh.. ada bbrapa pasagan suami-istri yg beriman dan percaya pada kata2 nabi nuh, nah pasagan2 inilah yg kemudian selamat dari air bah dan tersebar d bbrapa benua.. katanya sih ada 5 pasangan.. yg d tmpatkan d benua2 yg berbeda..dan karena perbedaan jarak inilah terjadi perbedaan bahasa..

*sumber ilmu dan dari diskusi bersama teman2 dan juga guru agama dari sd-sma


Image

User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby myonlylovesakura » Sat Sep 18, 2010 11:39 pm

oh, naru hodo.
jadi bahasa itu mulai tercipta pada saat jaman nabi nuh...

penjelasannya jadi lebih masuk akal...


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image

User avatar
ChimanX
Socho
Socho
Posts: 2908
Joined: Thu Mar 06, 2008 6:48 pm
Location: Pontianak...Y U NO HAVE PUBLIC TRANSPORTATION!!!!!
Contact:

Re: kenapa bahasa itu ada?

Postby ChimanX » Sun Sep 19, 2010 9:57 am

myonlylovesakura wrote: saya mengerti bahwa keturunan nabi Adam tinggal terpisah, tapi mengapa terpisah? jika mereka merupakan keluarga, bukankah lebih baik untuk tinggal bersama? mengapa mereka berpisah dan memutuskan tinggal di tempat masing-masing dan mengembangkan cara komunikasi (bahasa) masing-masing?

sepertinya ada part yang hilang.
part dimana keturunan nabi Adam berpisah dan mulai mengembangkan bahasa masing-masing.
a coincidence?


aha...ingat bahwa bahkan dalam satu keluarga pasti ada perselisihan, ada konflik. manusia tidak bisa lepas dari konflik yang disebabkan oleh dianugerahkannya akal kepada manusia...konflik tu mungkin yang bikin keluarga tu terpisah....


untuk yang dijelaskan ovan...
gw pernah baca buku yg judulnya "ternyata akhirat tidak kekal"
yah isinya lumayan menarik buat gw
disitu dijelasin bahwa adam memang manusia pertama di Bumi...tapi sebelum Adam diciptakan, BUmi telah dihuni berbagai macam mahluk....nah ada satu mahluk yang menyerupai manusia dan membuat kerusakan di bumi...tentunya kalian ingat salah satu firman Allah yang mengatakan bahwa malaikat bertanya kepada Allah kenapa menciptakan mahluk yang hanya akan membuat kerusakan di Bumi. nah, darimana malaikat tahu sedangkan hanya Allah Yang Maha Tahu. disimpulkan bahwa malaikat mengambil kesimpulan tu dari contoh mahluk menyerupai manusia itu

yah, kalo ada kesalahan mohon dikoreksi :pushup:
eh udah concluded ya...ywislah
Last edited by ChimanX on Sun Sep 19, 2010 9:57 am, edited 1 time in total.


Pontianak :happy2: ...KETERIMA D4!!! :amitaba:

User avatar
eYesCreaM
The Animac Guardian
Posts: 5234
Joined: Tue Feb 13, 2007 7:40 pm
Location: J-Town
Contact:

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby eYesCreaM » Mon Sep 20, 2010 8:43 am

wew,,,
perbedaan bahasa aja bisa masuk k forum religius y,,,

=============

klo pendapat gw gini,,,
kita aja,,,yg cuma segelintir manusia,,,bisa menciptakan bahasa2 baru,,,

coba cek aja kayak bahasa okem,,,
semua kata yg dikasih 'ok' ditengahnya,,,
contoh : bokap, nyokap, nokip, barang kena pajak, doku, doi,,,dll

liat bahasa gaul internet kayak f@pping, pertamax, dsb,,,,

cuma segelintir manusia,,,
cuma dalan beberapa waktu (tahun),,,
udah bisa bikin bahasa2 baru kayak gitu,,,

adalah sangat wajar,,,
klo dalam beberapa ribu tahun terakhir,,,tercipta berbagai macam bahasa,,,,di seluruh dunia,,,

jadi kayaknya gak perlu penjelasan agama macam menara bibel buat mengerti keragaman bahasa di dunia,,,,


...

User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby myonlylovesakura » Mon Sep 20, 2010 4:58 pm

eYesCreaM wrote:wew,,,
perbedaan bahasa aja bisa masuk k forum religius y,,,

=============

klo pendapat gw gini,,,
kita aja,,,yg cuma segelintir manusia,,,bisa menciptakan bahasa2 baru,,,

coba cek aja kayak bahasa okem,,,
semua kata yg dikasih 'ok' ditengahnya,,,
contoh : bokap, nyokap, nokip, barang kena pajak, doku, doi,,,dll

liat bahasa gaul internet kayak f@pping, pertamax, dsb,,,,

cuma segelintir manusia,,,
cuma dalan beberapa waktu (tahun),,,
udah bisa bikin bahasa2 baru kayak gitu,,,

adalah sangat wajar,,,
klo dalam beberapa ribu tahun terakhir,,,tercipta berbagai macam bahasa,,,,di seluruh dunia,,,

jadi kayaknya gak perlu penjelasan agama macam menara bibel buat mengerti keragaman bahasa di dunia,,,,

err... saya pengen tau bagian mana yang hilang ketika manusia mulai berbahasa berbeda...
kalo sekarang sih emang gampang bahasa itu berevolusi...

bahasa inggris tahun 1930 aja kan beda dengan bahasa inggris yang sekarang (Thou = You, Art = Are, dsb) =_='


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image

User avatar
eYesCreaM
The Animac Guardian
Posts: 5234
Joined: Tue Feb 13, 2007 7:40 pm
Location: J-Town
Contact:

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby eYesCreaM » Tue Sep 21, 2010 8:55 am

maksudnya??
bisa dijelaskan pertanyaannya lebih lanjut???


...

User avatar
Evanthom
Member GILA
Member GILA
Posts: 1025
Joined: Wed Nov 11, 2009 5:55 pm

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby Evanthom » Tue Sep 21, 2010 9:53 am

mksud si mion dmana bahasa itu mulai berbeda.. kita kan keturunan nabi adam.. dan bahasa awal manusia itu bahasa arab,,, knapa bisa ada bahasa yg berbeda2??

klo kita meyakini teori evolusi sih jwabanya gampang aja.. manusia kan dari kera mrka menciptakan bahasa.. brbda2 krna tempat berevolusinya berbeda-beda.. :lol:
nah kita kan yakin manusia itu dari adam.. bkan dari kera.. nah si mion pgin nyari tau pas d bgian waktu mana manusia itu mlai mmbuat bahasa,,
iya kan mion??


Image

User avatar
eYesCreaM
The Animac Guardian
Posts: 5234
Joined: Tue Feb 13, 2007 7:40 pm
Location: J-Town
Contact:

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby eYesCreaM » Tue Sep 21, 2010 10:06 am

hahhaha,,,,
bahasa tuh berevolusi cuy,,,

ada banyak proses bagian dmana bahasa tuh berevolusi,,,
gak usah liat jauh2 ke jaman nabi adam,,,,

bahasa yg lo pake pas jaman TK ma sekarang aja dah beda kan???
bahasa anak gaul tahun 80's, 90's, 200an ma sekarang dah banyak beda kan??

itu baru di indonesia,,,
belom lagi di seluruh dunia,,,
bahasa gaul di palembang ma di amkasar aja juga beda kan,,,,

jadi banyak waktu dan banyak tempat dmana bahasa itu muali berevolusi,,,


...

User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

Re: [CONCLUDED] kenapa bahasa itu ada?

Postby myonlylovesakura » Tue Sep 21, 2010 10:33 am

ui,
aku cuma pengen tau kenapa bahasa itu ada...
jamannya nabi adam kan bahasa cuma 1, bahasa arab....
kok muncul bahasa inggris, yunani, jerman, dsb?
gitu... -_-'

lagipula sudah dijelaskan secara rinci oleh PW, Ovan, quanza, dan Chimanx...
jadi kurasa cukup dan tidak perlu diteruskan... ^_^


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image


Return to “:: Religius”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest