Forum ANIMAC saat ini sedang dalam proses pembaharuan.
Silakan lakukan aktivitas forum seperti biasanya.
Tampilan dan logo sementara masih default phpBB3.

Vocabulary : Partikel

Buat bahas seputar Jepang, pusat studi Jepang, tempat wisata di Jepang, belajar bahasa Jepang, dll...

Moderator: Culture Researcher

User avatar
shinclair
unregistered member
unregistered member
Posts: 2420
Joined: Mon Jan 29, 2007 1:50 pm

Vocabulary : Partikel

Postby shinclair » Sun Dec 02, 2007 11:06 pm

WA
Wa itu gunanya buat nunjukkin topik utama dari suatu pembicaraan, paragraf, ato kalimat
contoh:
Watashi wa....:
- namae ga Shinclair-sama desu (nama shinclair yg terhormat)
- uchi ga Jakarta ni aru (rumah di jakarta)
- PS3 ga aranai (ga punya PS3)
- kakkoi desu (keren)

kalo disambung semua bisa jadi:
Watashi wa namae ga Shinclair-sama desu, uchi ga Jakarta ni aru, PS3 ga aranai (ga punya PS3), kakkoi desu.
jadi semua poin2 itu ngejelasin soal topik utama dari paragraf itu, yaitu "Watashi"

selama pembicara blom ngeluarin "Wa" yg laen
maka semua kata2 setelah itu adalah penjelasan soal hal yg jadi topik utama

beberapa penggunaannya bisa mirip seperti "I AM" kayak contoh ini:
- watashi wa Ananto desu
- watashi wa kirei desu (lupa nih, kalo kata sifat tuh pake desu kaga yah?)
- watashi wa tensai desu

tapi dalam penggunaan yg udah komplex bercampuraduk sih wa gunanya buat nunjukki topik utama kayak contoh palink atas itu
ngarti kaga? :roll:
Last edited by shinclair on Tue Dec 04, 2007 3:40 pm, edited 1 time in total.


Image

User avatar
Tora
Sho-i
Sho-i
Posts: 3939
Joined: Sat Mar 10, 2007 5:26 pm
Location: Di ruang klub SOS-Dan
Contact:

Postby Tora » Tue Dec 04, 2007 2:49 pm

sekedar tambahan, WA itu hanya boleh dipakai SATU KALI dalam kalimat.
Jadi klo mau pake WA lagi, mesti bikin kalimat baru, alias dkasih titik.

terus, WA tu hanya dipakai setelah SUBJEK.
yg dimaksud dengan subjek di sini dapat berupa kata benda maupun kata kerja/sifat yg ditambah partikel NO (cth: kakkoi no)
jadi, selain SUBJEK gak boleh pake WA.

CONTOH:
Sore wa uso datta. (itu bohong)
Kakkoi no wa kono boku da! (yg keren itu ya aku ini!)


Image
gomen
:pushup: :pushup:

User avatar
sakis
The Genius Scion
The Genius Scion
Posts: 1260
Joined: Sat Apr 14, 2007 12:13 pm
Location: 嵐の楽屋
Contact:

Postby sakis » Wed Dec 05, 2007 1:34 pm

nambahin juga, tapi ga yakin bener sih.
Kalo salah tolong dikoreksi. Soalnya bener-bener ga yakin....

Partikel WA juga bisa digunakan untuk kalimat tanya [partikel NO juga bisa, hanya saja penggunaannya berbeda]

Misalnya:
- Kimi no namae wa?[nama kamu (siapa)?]

- Anata no uchi wa? [rumah kamu (dimana)?]

- Anokata wa? [orang itu (siapa)?]

Yang jelas, orang jepang jarang yang bertanya dengan lengkap dalam kehidupan sehari-hari , mereka lebih suka memutus kalimat tanyanya di tengah2 daripada meneruskannya dengan nani desu ka?/nani no?/nani? dan sejenisnya.

......

Baru inget..
Topic ini khusus untuk bahasa formal ya?
Ga berlaku deh tambahan w.
Yahh, sekedar nambahin pengetahuan tentang penggunaan partikel WA deh...
Gomen...


人は人 自分は自分 比べた時点で負けてる

people are people, you are yourself. you lose once you start comparing



http://sakis.livejournal.com

User avatar
shinclair
unregistered member
unregistered member
Posts: 2420
Joined: Mon Jan 29, 2007 1:50 pm

Postby shinclair » Wed Dec 05, 2007 2:02 pm

eh, kalo masalah ngilang2in subjek gitu katanya urusannya sama partikel wa kan
aku kadang masih suka bingung kalo ada kalimat yg ga ada WA nya, kita tau topiknya tuh darimana?
aku cuman ngerti kalo subjek yg diilangin itu adalah orang pertama, tapi kalo laen2nya masih ga ngeh


Image

User avatar
sakis
The Genius Scion
The Genius Scion
Posts: 1260
Joined: Sat Apr 14, 2007 12:13 pm
Location: 嵐の楽屋
Contact:

Postby sakis » Wed Dec 05, 2007 2:12 pm

Belum tentu orang pertama, orang kedua n ketiga juga bisa.

Jadi menurut w, andalin insting aja.. kan bisa ketahuan dari pembicaraan sebelumnya.

Tapi kebanyakan memang yang dihilangin orang pertama sih..

Itu kalo tiba2 dia ngomong tanpa ada topik yang related sebelumnya.

Kasus penghilangan subjek ini kerasa banget kalo kita baca komik yang udah ditranslasi, kadang2 translatornya salah nerjemahin siapa subjeknya...


人は人 自分は自分 比べた時点で負けてる

people are people, you are yourself. you lose once you start comparing



http://sakis.livejournal.com

User avatar
Tora
Sho-i
Sho-i
Posts: 3939
Joined: Sat Mar 10, 2007 5:26 pm
Location: Di ruang klub SOS-Dan
Contact:

Postby Tora » Tue Dec 11, 2007 2:35 pm

coba kasih contoh penghilangan yg kamu gak ngerti, shin...


Image

gomen

:pushup: :pushup:

User avatar
sakis
The Genius Scion
The Genius Scion
Posts: 1260
Joined: Sat Apr 14, 2007 12:13 pm
Location: 嵐の楽屋
Contact:

Postby sakis » Wed Dec 12, 2007 1:19 pm

Waktunya update,sensei

next lesson onegai shimasu


人は人 自分は自分 比べた時点で負けてる

people are people, you are yourself. you lose once you start comparing



http://sakis.livejournal.com

User avatar
kei
Member Super Aktif Animac
Member Super Aktif Animac
Posts: 417
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:15 pm
Location: di dinding kamarmu
Contact:

Postby kei » Sun Dec 16, 2007 10:57 am

Yagami ToRa wrote:sekedar tambahan, WA itu hanya boleh dipakai SATU KALI dalam kalimat.
Jadi klo mau pake WA lagi, mesti bikin kalimat baru, alias dkasih titik.

terus, WA tu hanya dipakai setelah SUBJEK.
yg dimaksud dengan subjek di sini dapat berupa kata benda maupun kata kerja/sifat yg ditambah partikel NO (cth: kakkoi no)
jadi, selain SUBJEK gak boleh pake WA.

CONTOH:
Sore wa uso datta. (itu bohong)
Kakkoi no wa kono boku da! (yg keren itu ya aku ini!)


klo "ni wa" itu gmn??
kdng2 d lirik lagu ada kyk "boku ni wa" dsb.
artinya kira2 apa ya? trus, klo gitu, "boku ni" itu bukan subjek kyk yg kmu maksud dong? (bukan kata benda ato kk/ks+"NO")


imageエル、知っているか?死神はリンゴしか食べない。
Do you know, L? Death gods eat nothing but apples.

User avatar
shinclair
unregistered member
unregistered member
Posts: 2420
Joined: Mon Jan 29, 2007 1:50 pm

Postby shinclair » Mon Dec 17, 2007 3:06 pm

di sini ga ada senseinya koq

<<kei>>
nyoba ngasi tau yg saya tau aja dah
kalo macem "ni wa" itu, mungkin (maap kurang meyakinkan) itu artinya adalah bahan yang jadi tpik utama itu adalah tempat
contoh aja"

koko ni wa kissu suru koto ga ii janai

koko ni >> disini (karena pake wa, maka ini topik utamanya)
kissu suru koto >> kissing
ii janai >> tidak baik (bisa diartikan "ga boleh")

gimana kk Kei? Tora, kasi tambahan donks, ato yg laen


Image

User avatar
Tora
Sho-i
Sho-i
Posts: 3939
Joined: Sat Mar 10, 2007 5:26 pm
Location: Di ruang klub SOS-Dan
Contact:

Postby Tora » Sat Dec 22, 2007 9:31 pm

bener banget, itu buat nunjukin klo subjeknya adalah (sederhananya kita sebut saja) tempat (meskipun sebenarnya dalam english maupun bahasa subjek tidak boleh kata keterangan)..

misalnya:

koko ni wa iro iro ga aru (di sini ada macam2)
boku ni wa kanojo ga inai (di diriku tidak ada pacar/aku gak punya pacar)
boku ni wa kankei nai (di diriku tidak ada hubungan/tidak ada hubungannya denganku)

awal2 emang sulit, tapi klo udah biasa jadi mudah kok...


Image

gomen

:pushup: :pushup:

User avatar
shinclair
unregistered member
unregistered member
Posts: 2420
Joined: Mon Jan 29, 2007 1:50 pm

Postby shinclair » Sat Dec 22, 2007 11:06 pm

jadi, apakah partikel Wa ini bisa dianggap selesai

Mas Kei jarang OL sih
habis ini pengennya sih ngomongin Ga aja[/color]


Image

User avatar
shinclair
unregistered member
unregistered member
Posts: 2420
Joined: Mon Jan 29, 2007 1:50 pm

Postby shinclair » Mon Jan 21, 2008 4:05 pm

yuk masuk ke GA

GA

sejauh yg kuatu sih ini partikel gnanya buat nunjukin topik dari kalimat pembantu

jadi misalnya "aku tidak pergi ke sekolah karena hujan turun"
nah, ini kalimat utamanya kan "aku tidak pergi ke sekolah"
makanya yang dapet partikel WA adalah aku (WATASHI)

kalimat pembantunya adalah "hujan turun"
makanya yg dapet partikel GA adalah hujan (ame)

jadi bahasa jepang dari "aku tidak pergi ke sekolah karena hujan turun"
watashi wa gakko e ikanakatta, ame ga furu kara"

ad tambahan nggak?
Tora?


Image

User avatar
Tora
Sho-i
Sho-i
Posts: 3939
Joined: Sat Mar 10, 2007 5:26 pm
Location: Di ruang klub SOS-Dan
Contact:

Postby Tora » Sat Jan 26, 2008 1:21 am

klo menurut gw sih itu lebih karena wa hanya boleh satu dalam tiap kalimat...
jujur aja, gw juga gak bisa ngejelasin banyak soal partikel ga...
gomen...


Image

gomen

:pushup: :pushup:

Shiroyoshi Mitsuo

Re: Vocabulary : Partikel

Postby Shiroyoshi Mitsuo » Wed Nov 06, 2013 7:50 pm

tambahan dikit, kalo untuk kata kerja yang nunjukin kesanggupan semisal わかります "wakarimasu" (mengerti), じょうず "jouzu" (pintar), できます "dekimasu" (bisa), dan sebagainya berarti partikel "ga" dipake untuk nunjukkin obyeknya.. contoh:

トラさんわにほんごがじょうずです
Tora-san wa nihon go ga jouzu desu
Tora pintar berbahasa jepang

jadi "ga" menunjukkan obyek yang dikenai kata kerja yg menyatakan kesanggupan juga...


--mohon koreksi juga, kalo ada salah gomen nee?--



User avatar
myonlylovesakura
Moderator In-Training
Moderator In-Training
Posts: 5538
Joined: Sat Jul 19, 2008 7:11 pm
Location: di Tomoeda City... (maunya)
Contact:

Re: Vocabulary : Partikel

Postby myonlylovesakura » Fri Nov 08, 2013 9:03 am

*copas dari buku minna no nihongo*

K. Benda が あります/わかります
K. Benda が 好きです/嫌いです/上手です/下手です

Partikel を menunjukkan Objek dari K. Kerja. Tetapi, untuk menunjukkan Objek dari K. Kerja あります dan わかります, Partikel が dipakai.
Juga bila K. Sifat seperti すきです、きらいです、じょうずです、dan へたです memerlukan Objek, Partikel が dipakai untuk menunjukkan Objek K. Sifat dan K. Kerja yang Objeknya ditandai dengan partikel が dan pada umumnya menunjukkan kesukaan, keinginan, kesanggupan, kepunyaan dll.

① わたしはイタリア料理が好きです。
② わたしは日本語がわかります。
③ わたしは車があります。


Spoiler: show
Image

I will save her. definitely.

-----------------------------------
a little wise words:
genre is subjective.
fetish is subjective.
seiyuu is subjective.
story is subjective.
character is subjective.
but anime is an universal thing. 8)
Catch The Beat! :v
Image
Image


Return to “:: Japan Classroom”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest